Kesadaran Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kebersihan sebuah cerminan bagi setiap individu dalam menjaga kesehatan yang begitu penting dalam kehidupan sehari-hari.  Dan seperti yang kita ketahui bahwa kebersihan lingkungan merupakan suatu keadaan yang bebas dari segala kotoran, penyakit, dan lain lain, yang dapat merugikan segala aspek  yang menyangkut setiap kegiatan dan perilaku lingkungan masyarakat. Dan sebagaimana di ketahui bahwa kehidupan manusia sendiri tidak bisa dipisahkan baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial.


Maka sebagai individu harusnya segala aspek  yang ada dalam masyarakat harus dapat menjaga kebersihan lingkungan. Karena tanpa lingkungan yang bersih setiap individu maupun masyarakat akan menderita sebab sebuah faktor yang merugikan seperti kesehatan. Kesehatan itu begitu mahal harganya. Sehingga semuanya harus di olah dengan baik . Lingkungan yang kotor berarti penganggu kesehatan yang juga berarti membuat bibit penyakit. Hit Nyamuk Namun segala sesuatu ada kata perubahan hanya saja dalam segala persoalan-persoalan, semua ini tidak dapat dijalankan tanpa sebuah kesadaran dari setiap individu masyarakat maupun kelompok masyarakat untuk menjaga kebersihan, Maka Kebersihan itu tidak akan berguna dan menimbulkan banyak kerugian. Sebagaimana kita ketahui bahwa pandangan masyarakat tentang sadar lingkungan sangatlah minim/kurang.

Kesadaran dalam menjaga lingkungan adalah keadaan dimana individu masyarakat menyadari bahwa pentingnya sebuah ruang lingkup (lingkungan) yang didalamnya, terdapat makhluk-makhluk hidup yang harus dijaga kelestariannya agar dapat dirasakan oleh anak cucu kita dimasa yang akan datang.

Sudah banyak orang yang berbicara dan menulis sebuah artikel tentang kebersihan hidup masyarakat , banjir dan gaya hidup masyarakat umumnya. Namun gaya hidup masyarakat dikota besar maupun di daerah-daerah kumuh masih belum juga ada ujungnya. Contoh sederhana adalah kota Semarang.

Tiap musim hujan tiba, kota Semarang sebagai bak kolam ikan. Dimana banyak ditemukan genangan air atau banjir dari meluapnya air sungai ke pemukiman masyarakat Semarang.

Lantas gimana cara untuk mengatasi masalah bencana musiman yang akut ini?

Sangat diperlukan kesadaran bagi masyarakat kota Semarang. Mereka harus benar-benar sadar dan mengerti apa bahaya gaya hidup dari dampak yang disebabkan dari membuang sampah sembarangan.

Karena sampah itu seperti permainan efek domino yang menyebabkan dampak lainnya secara berurutan. Seperti buang sampah disungai bisa membuat air tersendat dan akhirnya penyakit pasca banjir hingga pemukiman masyarakat , menyebabkan sarang penyakit (Diare , Muntaber , dll) dan sarang nyamuk yang berakibatkan penyakit DBD (demam berdarah), Cegah DBD dengan Hit Obat Nyamuk.